Waspada Bed Bugs, Si Pengisap Darah Bersarang di Kasur


Kasur terasa gatal dan Anda bersin terus menerus, lalu muncul bentol-bentol kecil di kulit. Jika kondisi ini terjadi di rumah, saatnya untuk bersih-bersih tempat tidur. Hal itu merupakan tanda-tanda kalau ada bed bugs dan kutu busuk bersarang di matras atau kasur.

Kedua hewan ini memang memicu keluhan berupa gatal dan alergi. Untuk bertahan hidup kutu busuk akan mengisap darah manusia saat tidur, mereka aktif pada malam hari dan mendeteksi kehadiran manusia dari karbodioksida yang dikeluarkan.

Sementara tungau adalah hewan sejenis laba-laba kecil yang tinggal di karpet, tirai dan matras dan memicu alergi. Sebersih apapun rumah, kehadiran kedua hewan ini tak bisa dihindari. Cara paling tepat untuk mengontrolnya adalh membersihkan dan menjemur matra secara teratur. Selain itu, lakukan langkah-langkah berikut.

- Gunakan pendingin ruangan atau AC untuk menjaga kelembapan ruangan.

- Lapisi matras dan bantal dengan pembungkus anti debu yang banyak tersedia di pasaran.

- Cuci semua sprei dan selimut seminggu sekali dengan air panas untuk membunuh tungau debu.

- Ganti sprei wol dan kulit dengan bahan sintetis yang dapat dicuci.

- Gunakan masker ketika sedang membersihkan tempat yang berdebu dan jauhi tempat tersebut setelah 20 menit dibersihkan, agar alergen tengau tidak terhirup.

- Jemur matras minimal dua minggu sekali

- Untuk pembersihan maksimal, manfaatkan jasa penyedotan debu khusus yang daya sedotnya besar dan bisa mengurangi tungau dan bed bugs

Laporan Gemma Fitri Purbaya

Sumber : Dream .co.id